Home » , , » [VXA] Parallax Mapping Bagian 1 : Membuat Dasar

[VXA] Parallax Mapping Bagian 1 : Membuat Dasar

Kali ini, saya akan membuat tutorial Parallax Mapping di RPG Maker VX Ace sesuai janji saya di fanspage :v. Mungkin, tutorial ini juga bisa diaplikasikan di RPG Maker VX. Tapi, tutorial ini mungkin akan sedikit panjang. Jadi, saya akan membaginya menjadi beberapa bagian. So, kita mulai.

Software yang dibutuhkan:
1. RPG Maker VX Ace (Tentunya -_-)
2. Tombol Printscreen
3. Script Map Saver (untuk map besar yang tak bisa discreenshot). Salah satunya disini
4. Photoshop
5. Script Yami Overlay Mapping karena tutorial ini menggunakan script itu. Tapi, mungkin bisa diaplikasikan di script lain, karena pada dasarnya sama.

Langkah-langkah:
1. Buat map dasarnya di editor VX Ace. Contoh yang saya buat:
2. Screenshot mapnya dengan menekan tombol Printscreen. Jika map terlalu besar dan tak muat discreenshot, gunakan script yang telah saya berikan di atas. Langkah-langkah screenshot dengan script sudah ada di dalam scriptnya, jadi tidak akan saya jelaskan
3. Buka Photoshop, dan buka map yang telah discreenshot ke photoshop
4. Kumpulkan bahan untuk parallaxing. Saya memakai Celianna Parallax Tiles
5. Klik View -> Show -> Grid
6. Klik Edit -> Preferences -> Guides, Grid, & Slices Atur seperti ini:
Grid memudahkan kita untuk mengatur passage nantinya.
7. Buat layer baru dengan klik Layer -> New-> Layer. Atau dengan menekan Shift+Ctrl+N
8. Beri nama layer tersebut "Dasar" tanpa tanda petik
9. Pindah ke layer background. Buat pola segitiga. Ini agar map tidak terlihat terlalu banyak kotak
10. Tekan Ctrl+J untuk menduplikat layer
11. Pindahkan layer tersebut. Dan kamu akan mendapatkan seperti ini
Terasa aneh, kan? Ayo lanjut.
12. Gunakan Clone Stamp Tool untuk memperbaiki. Saya mendapatkan seperti ini
Bagaimana? Jelek? Biarin, yang penting hepi ^_^
Ini hanya contoh. Kamu bisa membuat yang lebih bagus dari ini.
13. Lakukan hal yang sama pada sisi yang lain. Dan saya mendapatkan hasil seperti ini:
Jelek ya? Gapapa, baru part 1. Hehe
Dan saya kira, cukup sekian dulu untuk bagian 1 ini. Nanti saya lanjutkan lagi. Dan tetap stay tune! ^_^
Sampai jumpa di tutorial berikutnya! ^_^
Share this article :

3 comments:

  1. ini bisa :3 katanya ga bsa parallax :v

    ReplyDelete
  2. gan perbedaan parallax mapping dengan biasa apa ya, tolong jelasin secara detail, ty

    ReplyDelete

 
Support : Facebook | Twitter
Copyright © 2013. G-Langz Studio - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger